• Potensi Daerah yang Sangat Menarik

Desa Jangglengan yang berada di kota Jamu (sebutan dari Kecamatan Nguter) memiliki berbagai potensi daerah yang sangat menarik, salah satunya adalah agrowisata. Agrowisata sendiri merupakan objek wisata yang dibangun dengan mengangkat tema atau konsep dengan menggabungkan aktivitas pertanian dengan aktivitas wisata. Pemangku desa beserta masyarakat desa Jangglengan berencana membangun desa Jangglengan sebagai desa wisata. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan lahan-lahan tidur yang ada di sepanjang aliran sungai Bengawan Solo yang ada di desa Jangglengan. Lahan yang belum terpakai itu akan diolah dan ditata sebaik mungkin agar menjadi lahan berdaya guna. Pihak desa sendiri berencana untuk menata ulang dan menanam berbagai jenis tanaman di lahan tersebut agar layak untuk dijadikan sebagai objek wisata. Sampai saat ini, desa Jangglengan masih dalam proses pengembangan lahan yang akan dijadikan sebagai spot agrowisata sehingga diharapkan banyak masyarakat luar desa Jangglengan tertarik untuk datang ke desa wisata, desa Jangglengan.

Penataan dan penanaman untuk sektor agrowisata di desa Jangglengan, menggunakan sumber dana desa yang biasa digunakan untuk pembangunan infrastruktur sehingga untuk saat ini, dana tersebut dialihkan untuk program agrowisata. Dalam proses pembenahan lahan, masyarakat desa sangat antusias dan berperan aktif dalam berbagai pelaksanaan program untuk membangun agrowisata. Masyarakat desa sangat mendukung proses pengerjaan wisata agro di Desa Jangglengan. Hal tersebut dapat dilihat dari peran masyarakat desa yang selalu aktif dalam kerja bakti setiap minggunya untuk pembersihan maupun penanaman pada lahan tidur.

Adanya agrowisata di desa ini tentunya akan memberikan banyak dampak yang positif bagi desa maupun bagi masyarakat desa. Agrowisata diharapkan dapat memberikan representasi desa wisata dari desa Jangglengan sehingga pengunjung yang datang ke desa Jangglengan dapat menikmati suasana desa yang asri, nyaman, serta ikut dapat merasakan manfaat yang ditawarkan oleh agrowisata desa Jangglengan. Selain itu, agrowisata juga dapat dijadikan sebagai pilihan alternatif bagi masyarakat perkotaan yang ingin menenangkan pikiran sesaat di luar kesibukan yang padat. Melihat banyaknya peminat atau pengunjung dari masyarakat luas, tentunya dapat meningkatkan peluang yang cukup besar terhadap sektor agrowisata itu sendiri bagi pihak desa. Hal ini juga dapat meningkatkan perekonomian desa dan masyarakat desa. Selain itu, adanya agrowisata ini juga dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat desa seperti pengurusan wisata, pemandu wisata, dan lain-lain.

Ditulis oleh : Billy Fernanduz