Setiap desa sudah pasti memiliki ciri khas dan potensi yang berbeda-beda. Hal ini juga berlaku di desa Jangglengan. Desa yang terletak di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo tersebut memiliki beraneka ragam potensi atau kearifan lokal, terutama di bidang  pariwisata. Desa yang memiliki bentang alam  perbukitan dan persawahan serta terletak tak jauh dari Bendung Colo tersebut mampu menarik perhatian hanya dalam waktu sekejap. Oleh karena itu tak dapat dipungkiri jika wisata memang pantas menjadi ikon Jangglengan. Salah satu proses pengembangan potensi wisata ialah dengan pembangunan kolam renang. Kolam renang yang lokasinya sangat strategis terletak di depan balai desa Jangglengan sekaligus berdampingan dengan lokasi pemancingan Lembayung Senja disinyalir mampu menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjungi Jangglengan.

(Dok. Penulis)

Pembangunan kolam renang merupakan salah satu upaya yang dilakukan PEMDES guna meningkatkan taraf hidup masyarakat desa Jangglengan. Pembangunan tersebut pertama kali dicetuskan pada tahun 2021 dengan menggunakan lahan desa seluas 500 m2. Kemudian desa Jangglengan berhasil mendapat suntikan dana dari APBN. Secara garis besar dana yang telah digelontorkan  hingga proses pembangunan 80 % mencapai Rp. 310.000.000, ujar Pak Carik selaku penanggung jawab pembangunan kolam renang. Untuk pembangunan kolam renang tersebut diimplementasikan secara transparan dimana semua pekerja berasal dari desa Jangglengan sendiri dan sumber daya material juga diusahakan berasal dari desa Jangglengan. Hal itulah yang menjadi point dari wisata kolam renang, dimana mulai dari proses pembangunan hingga terealisasi wajib harus menggunakan sumber daya desa.

Selanjutnya setelah proses pembangunan terealisasi, kolam renang akan di kelola sepenuhnya oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang menjadi harapan seluruh masyarakat Desa Jangglengan. Kolam renang tersebut diharapkan selain menjadi  menjadi tempat wisata juga menjadi wadah peningkatan ekonomi masyarakat dan pemberdayaan sumber daya manusia Desa Jangglengan.

 

Ditulis oleh : Muhammad Azmi