Blekokan adalah salah satu tempat potensial yang ada di Desa Jangglengan, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Tempat ini berlokasi di muka depan Desa Jangglengan dan langsung berbatasan dengan Desa Pengkol. Selain itu, sebelum menuju ke agrowisata, balai Desa Jangglengan, dan pemukiman Desa Jangglengan pengunjung akan menjumpai dahulu tempat Blekokan. Alasan mengapa tempat ini dijuluki Blekokan karena banyak burung blekok putih yang singgah dan mencari makan di area persawahan Desa Jangglengan. Burung blekok biasanya dapat dilihat pada sore hari. Sebab inilah, pemandangan Desa Jangglengan lebih bertambah elok yang mana pada dasarnya ketika memasuki Desa Jangglengan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bukit yang menawan.

Blekokan sendiri cenderung dimanfaatkan sebagai tempat yang cocok untuk berfoto atau bisa disebut instagramable. Melihat potensi yang ada di wilayah blekokan maka dibuatkannya tempat khusus sebagai sarana tempat foto dengan latar pemandangan bukit, aliran Sungai Bengawan Solo, dan tentunya burung blekok yang bergerombol. Adapun tempat khusus tersebut dikelola secara pribadi oleh masyarakat Desa Jangglengan. Menimbang kembali potensi Desa Jangglengan yang ada dan untuk mewujudkan desa wisata maka rencananya tempat Blekokan akan dikelola oleh Pemerintah Desa. Harapan ke depan adalah menjadikan tempat Blekokan sebagai salah satu destinasi wisata yang mana Pemerintah Desa Jangglengan akan menjadikan Desa Jangglengan sebagai desa wisata.

Mulanya, tempat ini tidak mendapatkan perhatian khusus namun pada tahun 2019 banyak pendatang dari desa luar yang kagum dengan pemandangan ini sehingga dijadikan tempat swafoto. Melihat hasil foto yang cukup menakjubkan, tempat Blekokan menjadi spot foto yang cukup popular di wilayah Sukoharjo. Dapat dikatakan bahwa adanya tempat Blekokan ini tidak terencana dan spontan. Pengunjung yang datang cukup banyak sehingga memberikan peluang bisnis yang cukup besar bagi masyarakat Desa Jangglengan.

Antusiasme masyarakat terutama masyarakat dari luar Desa Jangglengan terhadap tempat swafoto atau foto tempat Blekokan, sangat tinggi. Dapat dilihat dari pengunjung yang selalu memadati area Blekokan hingga seringkali menimbulkan kemacetan. Seiring munculnya Covid-19 pada tahun 2020 yang berdampak pada pandemi seluruh dunia dan segala sisi kehidupan, tentunya juga berdampak pada tempat Blekokan yang kian sepi bahkan tempat swafoto tutup total. Meskipun demikian, UMKM seperti warung-warung sekitar tempat Blekokan masih tetap buka walaupun hanya beberapa.

Sebenarnya dengan adanya tempat Blekokan yang dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan sangat baik akan memberikan dampak yang begitu besar bagi kehidupan masyarakat Desa Jangglengan. Selain itu, masyarakat juga sangat diuntungkan dengan adanya tempat Blekokan karena masyarakat bisa berwirausaha dengan membuka warung-warung di sekitar tempat Blekokan.

Ditulis oleh : Mega Utami